SOAL, MATERI, BEBAS

Tentang Cara Sukses Sebuah Usaha

Tidak ada komentar

Bismillahirrahmanirrahim,


Tulisan ini disadur dari sebuah presentasi berbahasa inggris, yang berjudul Corporate Lesson. Saya yakin dalam tulisan ini mengandung kesalahan yang mungkin saya pun tidak tahu dimana itu. Jadi mohon maaf jika nanti anda menemukan kesalahan dalam tulisan ini.


Sukses, mungkin ini adalah sebuah hal yang diinginkan oleh semua orang. Sukses yang dimaksud disini adalah sangat luas, bisa sukses dalam berusaha, sukses dalam mencari ilmu, sukses dalam berperang, dll. Bagaimana cara kita jika ingin sukses?. Itu mudah sekali cukup belajar dari perjuangan orang yang ingin sukses dan yang telah sukses dan jangan pernah putus asa jika kamu gagal dalam mencapai kesuksesan itu.


Belajar dari perjuangan orang yang telah sukses, saya mempunyai sebuah pelajaran dari orang yang telah sukses itu. Orang itu menuangkannya dalam sebuah presentasi dan presentasi itu diberi judul Corporate Lesson.


Cara sukses dalam presentasi itu diumpamakan anatara seekor burung dengan kelinci. Si kelinci itu merasa ingin seperti burung yang pekerjaannya hanya duduk-duduk di dahan pohon. Si burung pun memperbolehkan si kelinci untuk seperti dirinya, asal duduknya di bawah karena tak mungkin bisa naik ke dahan. Dan apa yang terjadi? Si kelinci pun dimakan oleh si serigala, karena si kelinci tidak melakukan apa-apa hanya duduk di bawah pohon.


Pelajaran yang bisa kita ambil cerita itu adalah jika kita ingin bermalas-malasan duduklah di tempat yang sangat sangat tinggi yang tidak mungkin terkejar orag lain. Tapi jika kamu merasa kamu belum mencapai tempat tertinggi itu, janganlah sekalipun kamu bermalas-malasan. Jika kamu bermalas-malasan, maka pasti kamu akan dimangsa oleh orang lain yang berkepentingan dan kamu tidak akan menjadi apa-apa.


Cerita Kedua, suatu ketika diadakan perlombaan memanjat antar-katak sedunia. Para katak itu harus memanjat sebuah tower yang tinggi dengan meloncat-loncat. Hampir semua penonton yang ada disana pesimis akan ada katak yang bisa sampai ke puncak.


Di mulailah lomba itu, satu persatu katak peserta lomba berjatuhan dan tak sanggup melanjutkan lomba. Makin lama makin sedikit, dan penonton pun mulai yakin bahwa tak akan ada yang bisa sampai ke puncak. Tapi masih ada satu katak yang terus meloncat dan berusaha sekuat tenaga agar dia bisa mencapai puncak tower. Benar saja, walau dengan susah payah akhirnya katak yang satu ini bisa mencapai puncak tower & menjadi pemenang lomba.


Setelah selesai lomba, si katak itu ditanya oleh para penonton, apa yang menyebabkan ia bisa mencapai puncak?. Pertanyaan itu tidak dijawab oleh sang katak pemenang, dia hanya kebingungan seperti ia tidak bisa mendengar pertanyaan penonton. Setelah diselidiki ternyata katak itu tuli, ia tidak bisa mendengar apa yang dikatakan oleh penonton.


Pelajaran yang bisa diambil dari cerita kedua, agar anda bisa mencapai puncak, kamu jangan mendengar ocehan orang lain yang akan membuat mentalmu kalah sebelum bertanding jika ingin mencapai sebuah kesuksesan. Kamu harus yakin bahwa itu bisa, dan pasti bisa. Apapun jalannya dan apapun caranya, pasti bisa untuk mencapai kesuksesan itu.


Wassalam,


InspirasiDegun feat Dede Gunawan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar