SOAL, MATERI, BEBAS

Menggunakan Nomorator Di CorelDraw

Tidak ada komentar

Bismillahirrahmanirrahim,


Menggunakan Nomorator Di Corel Draw


Bagi anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia percetakan mungkin sudah paham apa yang dinamakan dengan nomorator. Nomorator adalah sebuah mesin yang khusus digunakan untuk menomori kertas, misal untuk nota, kupon, atau faktur. Bagi percetakan-percetakan kecil yang tidak mempunyai nomorator sendiri, biasanya mereka menggunakan jasa percetakan lain untuk menomori cetakannya.


Mungkin ini tidak menjadi masalah ketika percetakan yang mempunyai nomorator itu sedang tidak sibuk menomori cetakan mereka. Menjadi masalah ketika nomorator di percetakan yang sering kita gunakan jasanya itu sedang penuh dan sibuk. Ini biasanya terjadi pada saat-saat akan menghadapi hari raya lebaran dan tahun baru. Itu dialami saya sebagai penulis. Saya biasanya menggunakan nomorator manual untuk menomori cetakan saya itu. Tapi lama kelamaan saya menjadi bosan menggunakan nomorator manual itu.


Akhirnya saya memutuskan untuk mencari di internet tentang inovasi nomorator dan akhirnya saya menemukan cara yang cukup bagus dan efektif. Cara ini menggunakan software Ms. Excel dan Corel Draw. Adapun alat yang harus anda punya cukuplah sebuah printer yang berfungsi sebagai nomorator. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menggunakan nomorator mari kita simak tulisan dibawah ini.


Konsep dasar yang digunakan dalam program nomorator otomatis konsep Print Merge milik Corel Draw. Konsep print merge ini memungkinkan kita untuk menggabungkan file (bekstensi *.txt, *.csv, *.rtf) dengan Corel Draw untuk di print.


Untuk memulainya, pertama kali anda harus membuat sebuah data base sederhana menggunakan Ms. Excel, yang kemudian nanti akan disimpan ke dalam format *.txt. Contoh :




































01-05



06-10



11-15



001



006



011



002



007



012



003



008



013



004



009



014



005



010



015




Kemudian tabel itu simpan ke dalam *.txt (tab delimited).


Setelah itu buka program Corel Draw anda, kemudian buat halaman baru. Pilih menu File > Print Merge > Create/Load Merge Fields. Kemudian akan muncul wizard. Pilih import text from file,Iklik Next, lalu pilih File dan klik gambar folder untuk mengambil file *.txt-nya. Klik Next dan ikuti sampai selesai. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.


Print Merge.Jpg




Keterangan :


- Edit Fields, digunakan untuk mengedit data yang ingin anda gabungkan.


- Print, digunakan jika kita ingin langsung mencetak hasil gabungan.


- Merge to New Document, digunakan jika kita ingin menampilkan hasil merge pada dokumen baru.


- Field, itu adalah nomor yang harus anda masukkan menggunakan menu insert yang ada disebelahnya.


Tambahan : anda bisa berlatih sendiri menggunakan kreatifitas anda, karena percuma saja anda mengetahui sebuah ilmu jika anda tidak pernah mau untuk berlatih menggunakannya.



Wassalam,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar